Senin, 02 November 2009

Catatan Kuliah Winning Is Everything Manajemen Inovasi

Perusahaan dimanapun selalu perang dengan produk baru, dimana medan peperangannya adalah pasar di seluruh dunia yang menyangkut customer. Banyak perusahaan melakukan persaingan produk baru dimana perusahaan tersebut mecari posisi yang terbaik, tempat baru untuk mencari pangsa pasar baru. termasuk perusahaan besar seperti IBM, GE, Intel, Siemens, Nokia, Sony. dsb.


Dalam persaingan ini perusahaan mengeluarkan ribuan produk baru yang dirancang setiap tahun dengan harapan dapat diterima dipasaran. Namun pada kenyataannya hanya sedikit produk baru yang berhasil dan lainnya mengalami kegagalan setelah diteliti produk baru yang berhasil dipasaran adalah produk yang memiliki keunggulan dalam hal:
  • Mencari produk yang berbeda yang aman yang dapat memberikan keuntungan dan dapat bersaing
  • Memposisikan sebagai pemain kunci yang dapat menentukan aturan mainya,dan dapat menguasai pasar.
  • Menggunakan tactic untuk mengambil alih pasar dari para pesaingnya.
Selain produk baru untuk memenangkan persaingan tersebut harus mempunyai :
  • Sales team yang handal
  • Advertising people yang kreatif
  • Promotions expert
Dalam dekade belakangan ini, perang produk baru menjadi persaingan global, sudah tidak terlihat lagi batas-batas negara, pasar domestik akan bersaing dengan pasar internasional.
untuk menghadapinya ada 3 kunci sukses :
  • Advanced technology : keunggulan dalam teknologi sangat mungkin menjadi senjata sehingga orang akan invest dan mendapat keuntungan.
  • Superior intelligence : untuk mendapatkan informasi pasar, dan memenangkan persaingan.
  • Rapid mobility : mobilitas atau speed yaitu kecapatan dalam menemukan rancangan, untuk meraih kesempatan menutup kesempatan buat lawan.
Dalam persaingan global ini ada perusahaan yang bertahan dan ada yang gagal. Perusahaan Yang berhasil seperti Pfizer, 3M, dan Hewlett-Packard (HP) yang selalu membuat produk baru dan sukses dari tahun ke tahun. Sedangkan yang gagal adalah General Motors dalam dekade belakangan ini gagal meluncurkan produk baru.

Yang menggerakkan inovasi adalah (drivers innovation)
1. Kemajuan Teknologi (Technology Advance)
Organisasi tergantung pada kemajuan teknology dan ketrampilan meningkatkan nilai secara
eksponensial, membuat berbagai kemungkinan solusi dan produk-produk tidak lagi menjadi
impian pada satu dekade atau juga yg lalu.contoh star trek 1960, komputer dsb
2. Perubahan kebutuhan dari customer (Changing Customer Needs)
Kebutuhan pasar dan keinganan dan pilihan customer berubah secara teratur (reguler).
kadang suatu perusahaan menguasai pasar dalam satu waktu namun tiba-tiba jatuh karena
customer/pelanggan. customer kadang mengharapkan produk baru dengan perbaikan
produk lama yang signifikan.
3. Pendeknya/penyusutan produk life cycle (Shortening produk life cycle)
4. Increased world competition

Speed and change

Pasar dan teknologi berubah dengan sangat cepat sekali sehingga, dibutuhkan speed and change. Speed merupakan senjata yang sangat penting : kemampuan untuk mengakselerasi produk inovasi, dalam hal ini tidak hanya membahas sukses saja, tetapi yang lebih penting bagaimana meraih sukses dalam memasarkan produk, meskipun hal tersebut membutuhkan waktu.

Berikut merupakan hasil dari kecepatan produk untuk dipasarkan :
1. Kecepatan menghasilkan keuntungan yang sangat bersaing
Kemampuan untuk merespond kebutuhan customer dan merubah pasar lebih cepat dari
pada pesaingnya dan mengalahkan pesaingnya dalam memasarkan produk baru. Namun hal
ini jangan dilakukan terlalu terburu-buru sehingga menghasilkan produk yang cacat dan
tidak mendapatkan keuntungan yang kompetitif.
2. Kecepatan menghasilkan profitabilitas yang tinggi
Pendapatan/hasil dari penjualan produk terealisasi lebih cepat (ingat bahwa uang punya nilai
waktu) dan pendapatan/hasil lebih tinggi jika produk tersebut terbatas dalam usia produk.
3. Kecepatan berarti lebih sedikit surprise
Kemampuan dalam berpindah secara cepat mengarah kepada kecenderungan pasar.

Suatu produk dikategori sebagai produk baru (categories of new product) apabila :
1. Merupakan produk baru bagi dunia (New to the world product)
Merupakan produk baru yang pertama kalinya dan menciptakan pasar baru kategori ini
hanya ada 10% dari perusahaan di dunia. contohnya Sony Walkman, compact disc player yg
pertama, 3M pos-it notes
2. Merupakan Lini Produk Baru (New product lines)
Produk ini baru dari produk yang sejenis dan tidak menciptakan pasar baru, perusahan
menciptakan pasar baru hanya pada produt yang pertama kali saja contoh : Canon dengan
laser printer, Hewlett-Packard dengan laserjet. ada sekitar 20% yang ada dalam katagori
tersebut.
3. Tambahan pada lini produk yang telah ada (Additions to existing produk lines)
Ada penambahan item yang baru dalam produknya tetapi sesuai dengan produk yang sudah
ada dan masih diproduksi. contoh Hewlett-Packard's memperkenalkan laserjet 7P yang lebih
kecil dan dengan harga yang tidak terlalu mahal dan dapat di pakai computer di rumah. ada
26% dalam kategori produk ini.
4. Perbaikan dan revisi produk yang telah ada (Improvement and revision to existing product)
Ada 26% dalam kategori produk ini.
5. Penentuan kembali posisi (Repositioning)
Sebuah aplikasi baru dan produk yang sudah ada dan sering membuat target kembali produk
lama dengan segmen pasar yang baru dengan aplikasi yang berbeda/baru.
6. Pengurangan biaya produksi (Cost reductions)
Merancang produk baru yang sama dengan produk sejenis, dengan penghasilan yang sama
namun biaya produksi nya menurun. Pada kategori ini ada sekitar 11%.

Yang dimaksud produk baru dalam hal ini (menurut Cooper) adalah suatu produk yang ada di pasar dalam 5 tahun atau kurang, juga penambahan dan perbaikan produk yang sangat signifikan.


Mohamad Ikro


Referensi
Cooper, G.,R., (2001), Winning at New Product Accelerating The Process from Idea To Launch, Perseus Publishing, Cambridge, Massachusetts.

1 komentar:

  1. Merkur & Ferencia: Merkur & Ferencia Merkur
    Merkur & Ferencia worrione merkur 바카라 사이트 - Merkur & Ferencia Merkur in Solingen, Germany septcasino - Merkur - https://febcasino.com/review/merit-casino/ Merkur Merkur - MERKUR - Merkur & Ferencia Merkur

    BalasHapus